Waduk Sermo dan Keindahan Langit Senja di Kulon Progo

waduk-sermoWaduk Sermo Kulon Progo beralamatkan di Kelurahan Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Bagian Daerah Istimewa Yogyakarta. Dari Jantung kota Yogyakarta dapat di tempuh dengan perjalanan selama kurang lebih 1,5 jam perjalanan. Kebanyakan wisatawan menggunakan kendaraan pribadi untuk menjangkau Waduk Sermo. Sebenarnya bisa juga menggunakan angkutan umum namun buat kamu yang ingin hemat waktu kamu bisa sewa kendaraan di Yogyakarta. Untuk sewa sepeda motor syaratnya mudah dan harganya juga terjangkau dari pada kamu naik kendaraan umum.

Setelah kamu sampai di Wates kamu tinggal mengikuti petunjuk arah yang menuju ke Waduk Sermo. Buat kamu yang belum pernah ke Waduk Sermo jangan khawatir tersesat karna selain sudah ada papan petunjuk arah kamu jangan sungkan untuk bertnya ke pada penduduk sekitar. Keramahan penduduk yang akan menyambut setiap wisatawan yang datang membuat kamu serasa di rumah sendiri. Asal kamu juga bisa saling berramah-tamah dengan penduduk sekitar.

Tiket masuk yang harus kamu siapkan saat sampai di Waduk Sermo cukup terjangkau. Kamu akan di melewati petugas Retribusi yang akan menarik tiket sebesar Rp 1.000,- untuk pengendara sepeda motor, Rp. 2.000,- untuk mobil, Rp. 5.000 untuk bus. Untuk tiket wisatawan di kenakan Rp. 2.000,- saja sangat terjangkau dan murah kan?

Di obyek wisata Waduk Sermo juga di sediakan sewa perahu buat yang ingin mengelilingi waduk dengan membayar Rp. 6.000 saja. Dengan muatan minimal 5 orang penumpang dalam satu kali pemberangkatan dengan durasi waktu 30 menit. Perahu juga bisa di sewa secara pribadi dengan biaya sekitar Rp. 30.000/perahu tanpa menunggu penumpang lain untuk memenuhi quota.

Waduk Sermo di resmikan oleh Presiden RI ke-2 Almarhum Pak Suharto pada tahun 1996 atau sekitar 21 tahun yang lalu. Waduk ini di buat dengan tujuan dapat menampung air hujan dan bisa di gunakan sebagai irigasi tanaman penduduk sekitar yang mayoritas sebagi petani. Waduk Sermo bisa menampung air hujan hingga mencapai 25 juta meter kubik sekaligus menjadi waduk terbesar yang terdapat di Yogyakarta. Dengan adanya waduk ini penduduk di harapkan dapat meningkatkan hasil pertanian yang lebih baik dari sebelumnya.

Walaupun waduk ini tidak terkenal dengan wisata air lainnya seperti, wisata air Goa Pindul di kabupaten Gunungkidul. Waduk Sermo selalu menajdi pilihan wisatawan saat akhir pekan terutama di sore hari sambil menikmati matahari tenggelam. Suahsana langit senja menambah eksotis pemandangan di Waduk Sermo dengan kilau sinar matahari kuning keemasan yang tenggelam di balik bukit.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s